DOWNLOAD ENSIKLOPEDIA: 30 Perempuan Pilihan, Wanita Penulis Indonesia

Wanita Penulis Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang telah mencapai usianya yang ke-24 tahun ini selalu berupaya untuk turut berpartisipasi dalam memeriahkan dunia kepenulisan dan minat baca. Tidak akan ada buku tanpa daya kreatif para penulis. Minat baca yang terpacu akan nihil tanpa kehadiran buku. Buku yang turut mengambil bagian dalam mencerdaskan bangsa, menambah wawasan, sebagai pembelajaran hidup.

DOWNLOAD ENSIKLOPEDIA: 30 Perempuan Pilihan, Wanita Penulis Indonesia

Hidup kita diperkaya oleh kisah 30 perempuan Indonesia pilihan WPI.  Bunga rampai ini menghadirkan sosok perempuan yang beraneka profesi dan latar  belakangnya:  dari  menteri,  kapolda,  istri  pejabat,  pengusaha  sukses, akademisi, praktisi hukum, sampai bidan desa, pengemudi bus dan ibu rumah tangga.    Mengapa 30, dan apa yang mendasari pilihan tersebut? Dari segi jumlah, jawaban teknisnya  mudah Kisah 30 perempuan ini telah menghabiskan lebih dari 400 halaman – jumlah yang cukup besar untuk sebuah buku.  Pada saat yang sama, jumlah itu sangat minimal.  Jika kita memperkirakan bahwa penduduk  Indonesia  yang  berjenis  kelamin  perempuan  lebih  dari  50% populasi Indonesia, maka seleksi terhadap 30 individu itu berarti bahwa kita hanya bisa memilih 3 orang dari setiap 10 juta perempuan Indonesia.

Masalah  selanjutnya,  bagaimana  memilih  3  dari  10  juta  perempuan Indonesia?  Kalau kita mendata semua tokoh perempuan yang pernah dimuat di  media  massa,  jumlahnya  pasti  akan  menyusut.  Kalau  dibatasi  lagi  pada sosok-sosok  yang  sering  muncul  di  rubrik  sosialita  di  media  massa,  angka akan  semakin  menciut.  Kemungkinan  lain  adalah  melakukan  survei  sosok wanita idola (strategi semacam pernah membawa Arswendo Atmowiloto ke penjara  Orde  Baru!).    Atau  seperti  penjurian  untuk  memberikan  anugerah ini  dan  itu,  dapat  dibentuk  satu  tim  yang  menetapkan  kriteria  seleksi  dan kemudian menelusuri pelosok negeri.

Tetapi  jika  kita  minta  setiap  perempuan  Indonesia  untuk  memilih  30 orang  perempuan  Indonesia  lainnya  yang  mereka  anggap  paling  penting dan  menginspirasi  dalam  kehidupan  mereka,  berapa  jumlah  yang  muncul dan  siapa  yang  akan  disebut?  Yang  muncul  mungkin  bukan  nama-nama yang kita dengar di televisi atau kita baca di koran, melainkan nama nenek atau ibu kita, tetangga dan kenalan, ibu guru, pengasuh dan wanita pekerja di sekitar hidup kita. Mungkin juga bidan yang menampung bayi-bayi tanpa nama, atau ibu tua tak dikenal yang menyelamatkan korban kerusuhan, tanpa pandang kulit dan agama.  Yang jelas, kemungkinan besar kita mendapatkan jutaan nama yang tidak pernah disebut dalam buku-buku sejarah, tetapi bisa saya pastikan, kisah hidup mereka tak kalah menggetarkan dari  kisah para pahlawan dan kisah 30 orang yang masuk dalam bunga rampai ini.  Itu bagi saya  makna  penulisan  buku  semacam  ini.    Bunga  rampai  30  perempuan pilihan WPI ini adalah ajakan untuk mengingat dan menuliskan kisah hidup perempuan Indonesia.

Mengapa  penting  mengumpulkan  dan  menuliskan  kisah-kisah perempuan Indonesia? Pertama, karena ingatan perempuan sering diabaikan dalam penulisan sejarah. Buku-buku sejarah berisi peristiwa-peristiwa besar dalam  skala  nasional.  Di  dalamnya  berderet  data  peperangan,  kisah  raja- raja,  presiden,  tokoh  politik,  perundingan,  dan  interaksi  kenegaraan  atau dunia. Dalam buku-buku sejarah seperti itu, jumlah tokoh perempuan dapat dihitung  dengan  jari.  Ruang  geraknya,  kalau  bukan  dalam  perang,  terbatas dalam bidang pendidikan atau politik.  Padahal, pembangunan bangsa dalam arti yang lebih menyeluruh, mencakup berbagai dimensi kehidupan, termasuk yang sering dianggap remeh-temeh.

30 perempuan dengan kisah hidup mereka yang luar biasa ini kami harapkan dapat menjadi bahan ajar bagi kita semua khususnya perempuan-perempuan Indonesia.

Detail Buku:

Judul: 30 Perempuan Pilihan Wanita Penulis Indonesia
Penulis: Tim Penyusun WPI
Penerbit: Zikrul Hakim
ISBN: 978-979-063-545-6

Baca Online

Download: Google Drive

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel